TBM Ruang Ilmu saat Road Show Membaca Itu Asyik di SDN 1 Pamalayan, Ciamis, Senin (25/3/2019). aos/zona muda

ZONAMUDA, Ciamis — Sebagai upaya menggenjot budaya literasi di kalangan pelajar, Taman Baca Masyarakat (TBM) Ruang Ilmu Road Show Membaca Itu Asyik ke sejumlah sekolah di Ciamis.

Seperti yang dilakukan ke SDN 1 Pamalayan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Senin (25/3/2019).

Di sekolah ini, sebanyak 130 siswa-siswi antusias mengikuti kegiatan yang mengusung tema Membaca Itu Asyik ini.

Salah seorang pegiat TBM Ruang Ilmu Aceng mengatakan, kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Ciamis sedari dini, sebagai bekal pengetahuan bagi generasi milenial di masa mendatang.

“Saya bersama teman-teman yang lain sebenarnya sudah sejak lama ingin berkunjung ke SDN 1 Pamalayan.”

“Tujuannya, memperkenalkan TBM Ruang Ilmu sekaligus mengajak adik-adik untuk membaca, karena membaca adalah kegiatan yang asyik,” kata Aceng kepada ZONAMUDA.

Aceng menambahkan kunjungan seperti ini, bukan hanya untuk SDN 1 Pamalayan, tetapi pegiat TBM Ruang Ilmu ke depannya merencanakan akan rutin menggelar road show serupa Sekolah Dasar lainnya.

“Diawali dengan sekolah dasar yang ada di lingkungan TBM di Dusun Timbangwindu RT 029/010, Desa Pamalayan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Pamalayan Dedi Kusdiana mengapresiasi kegiatan ini.

Sebab, kegiatan ini dinilai sebagai daya tarik anak didik untuk giat membaca. Apalagi hal ini dilakukan oleh pemuda.

“Saya sebagai kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan road show Membaca Itu Asyik ini. Apalagi, diperkenalkan dengan cara-cara asyik, seperti diiringi alunan musik dan semacamnya.”

“Sungguh membaca itu adalah kegiatan penting bagi anak di tengah maraknya gadget. Dari pada anak main gadget terus kan lebih positif membaca,” katanya.

Dedi berharap, kegiatan ini bisa terus dilaksanakan rutin demi mewujudkan Ciamis membaca.

“Sebagaimana kata orang bijak. Jika ingin mengenal dunia maka membacalah, jika ingin dikenal dunia maka menulislah,” katanya lagi. aos firdaus